Disable Preloader

Pengumuman Kampus

Penyuluhan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan pekerja merupakan faktor utama dalam suatu perusahaan, hal ini menjadi fokus utama karena pekerja merupakan salah satu aset perusahaan yang harus dijamin keberadaannya. Dizaman sekarang penggunaan teknologi dalam pekerjaan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas produksi dan kuantitas hasil produksi. Pemanfaatan teknologi industri tidak secara keseluruhan karena ada beberapa industri yang masih bekerja secara konvensional atau manual tanpa menggunaan bantuan teknologi, apalagi industri-industri yang berada di daerah atau kota-kota kecil.

Untuk menunjang hal tersebut maka pihak perusahaan harus menjamin kesehatan dan keselamatan para pekerja dengan menyediakan fasiltas pendukung dalam pekerjaan yaitu Alat Pelindung Diri (APD). Penggunaan  APD bertujuan untuk meminimalisir terjadinya atau timbulnya kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan.

Beberapa contoh penggunaan APD :

1. Penggunaan masker di lokasi/ruangan dengan bau yang menyengat dan dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan.

2. Penggunaan kaca mata di lokasi/ruangan dengan intensitas cahaya yang tinggi (proses pengelasan)

3. Penggunaan helm dilokasi pembangunan gedung atau lingkungan yang beresiko

5. Penggunaan sarung tangan untuk menghindari terjadinya kontaminasi dengan bahan kimia atau faktor resiko lainnya

6. Penggunaan Ear Plug di lokasi dengan tingkat kebisingan yang tinggi

7. Penggunaan sepatu safety/boot

8. Serta penggunaan APD lainnya yang dapat menjamin kesehatan dan keselamatan pekerja. 

Untuk itu Alat Pelindung Diri merupakan salah satu syarat yang harus diterapkan oleh perusahaan kepada seluruh karyawan dengan harapan dapat mengurangi faktor resiko terjadinya gangguan kesehatan dan kecelakaan saat bekerja.